Pengertian sejarah dan ciri-ciri sejarah


PENGERTIAN DAN CIRI-CIRI SEJARAH

GAN kali ini saya menulis tentang pengertian sejarah menurut para ahli dan ciri-cirinya. Sejarah sering dikatakan berkaitan dengan peristiwa masa lalu dan tidak tahu kapan yang disebut dengan masa lalu itu. Untuk itu, mari kita cermati dan pahami pengertian sejarah menurut sejarawan:
a.    Arti sejarah menurut Sejarawan
1)   menurut kamus besar bahasa Indonesia yang ditulis oleh W.J.S Poerwadarminta, sejarah diartikan sebagai
a)    silsilah/asal-usul
b)   kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau
c)    riwayat
d)   tambo
e)    pengetahuan atau uraian mengenai peristiwa dan kejadian yang benar-benar terjadi.
2)    menurut Mohamad Ali, sejarah diartikan sebagai
a)    jumlah perubahan atau kejadian dalam kenyataan disekitar kita
b)   cerita tentang perubahan dan kejadian dalam kenyataan disekitar kita
c)    ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan kejadian dan peristiwa dalam kenyataan disekitar kita.
3)   menurut Herodotus: sejarah tidak berkembang kearah depan dengan tujuan pasti, melainkan bergerak seperti garis lingkaran yang tinggi rendahnya diakibatkan oleh keadaan manusia.
4)   menurut Ibnu Kholdun: sejarah adalah catatan tentang masyarakat dan tentang perubahan yang terjadi pada watak masyarakat tersebut.
5)   menurut Ruslan Abdul Ghani; sejarah adalah cabang ilmu yang menyelidiki perkembangan manusia, yang hasilnya dijadikan sebagai pedoman dalam penelitian sekarang dan masa depan.
6)   menurut Mohamad Yamin: suatu ilmu pengetahuan yang disusun yang dapat dibuktikan kebenarannya.
dari pengertian-pengertian sejarah tersebut, dapat disimpulkan bahwa sejarah merupakan suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari suatu peristiwa atau kejadian yang telah terjadi pada masa lampau yang berkaitan dengan manusia sebagai tokoh, ada tujuan, dalam waktu tertentu maupun tempat tertentu juga. Kemudiaan menurut asal kata sejarah atau ditilik dari asal bahasanya, sejarah dapat diartikan:
1)   Dari bahasa Arab yaitu: Syajarotun yang berarti pohon yang memiliki arti sebuah pohon yang terus berkembang dari tingkat yang sederhana ke tingkat yang lebih kompleks atau ketingkat yang lebih maju.
2)   dari bahasa Inggris yaitu history yang memiliki arti masa lampau umat manusia.
3)   dari bahasa Jerman yaitu geschiht yang memiliki arti sesuatu yang telah terjadi.

Ciri-ciri Sejarah
a.    Unik (einmaleg): peristiwa sejarah itu unik (einmaleg) dikarenakan hanya terjadi 1 kali dan tidak pernah terulang kembali. 
b.    Abadi: peristiwa sejarah dikatakan abadi dikarenakan peristiwa sejarah tidak akan pernah berubah dan tetap dikenang sepanjang masa. 
c.    Pengaruhnya besar: peristiwa sejarah memiliki pengaruh yang sangat besar dan dapat mempengaruhi banyak orang sehingga dapat mengenang peristiwa tersebut.

6 komentar:

  1. thank you for information about sejarah...
    i'm believe you have skill high about history(sejarah)..

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Tambahan; Sejarah menurut Sartono Kartodirdjo "sejarah objektif", sejarah yang menunjuk kejadian atau peristiwa itu sendiri. Sejarah yang dipengaruhi oleh emosi dan pemikiran para sejarawan. Terimakasih.

      Hapus