ULANGAN HARIAN Untuk Materi Masuknya Pengaruh Bangsa Barat

1. Kemunduran perdagangan di Laut Tengah dan putusnya hubungan dagang antara Asia dan Eropa dikarenakan dikuasainya Kota Konstantinopel oleh Turki Usmani menimbulkan kesulitan bagi bangsa Eropa untuk mendapatkan rempah-rempah. Kelangkaan rempah-rempah mendorong bangsa eropa berusaha mencari dan menemukan jalur perdagangan langsung ke Indonesia melalui penjelajahan samudera.
2. Sebutkan 4 faktor bangsa eropa melakukan penjelajahan samudera? VOC) merupakan kongsi dagang Belanda berdiri tahun 1602. VOC berdiri untuk menghindari persaingan yang tidak sehat antar pedagang Belanda. Kongsi ini memiliki beberapa hak-hak istimewa yang diperoleh dari pemerintah Belanda.
3. Sebutkan 5 hak-hak istimewa VOC di Indonesia? Tujuan pelaksanaan sistem tanam paksa di Indonesia (1830-1870) oleh Van Den Bosch adalah untuk memperoleh pendapatan negara sebanyak-banyaknya dari Indonesia dalam waktu yang relatif singkat guna menutup kas negara yang kosong dan membayar utang negara Belanda. Namun dalam pelaksanaannya, banyak penyimpangan yang membuat dampak yang sangat buruk.
4. Jelaskan dampak dari berlakunya sistem tanam paksa di Indonesia/Hindia Belanda? Pada akhir abad ke-19, muncullah kebijakan politik etis/politik balas budi. Utang budi ini dibalas dengan memajukan Indonesia melalui sektor pendidikan, irigasi dan transmigrasi.
    a. Sebutkan dan jelaskan bagaimana pelaksanaan politik etis di Indonesia?
    b. Jelaskan dampak pelaksanaan politik etis bagi kemajuan perjuangan bangsa/rakyat Indonesia?
5. Perlawanan Pangeran Diponegoro merupakan perlawanan yang paling lama dan paling besar, karena dibantu dan didukung oleh rakyat Mataram Islam (Jawa) sehingga disebut Perang Jawa. Dalam perang ini menguras kas negara Belanda sampai kosong. Sebutkan 3 penyebab Pangeran Diponegoro melawan Penjajahan Belanda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar