RPP XI IPA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : SMA Negeri
Mata Pelajaran            : Sejarah
Kelas / Semester          : XI/I
Program                       : IPA
Standar Kompetensi   : 1. Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia dari negara tradisional, kolonial, pergerakan kebangsaan, hingga terbentuknya negara kebangsaan sampai Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
Kompetensi Dasar       : 1.1.Menganalisis perkembangan negara tradisional (Hindu-Buddha dan Islam) di Indonesia
Indikator                     : -  Mendiskripsikan Hipotesis Waisya, Brahmana, Ksatria dan Arus Balik/Gabungan tentang proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di kepulauan Indonesia.
-          Menjelaskan muncul dan berkembangnya Kerajaan-Kerajaan bercorak Hindu-Budha di Indonesia
-          Mengidentifikasi sebab-sebab runtuhnya kerajaan-kerajaan bercorak Hindu-Budha di Indonesia
Alokasi Waktu            : 2 Jam pelajaran (2 X Pertemuan)
A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi, siswa diharapkan mampu:
1.      Mendiskripsikan Hipotesis Waisya tentang proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di kepulauan Indonesia.
2.      Mendiskripsikan Hipotesis Brahmana tentang proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di kepulauan Indonesia.
3.      Mendiskripsikan Hipotesis Ksatria tentang proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di kepulauan Indonesia.
4.      Mendiskripsikan Hipotesis Ksatria tentang proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di kepulauan Indonesia.
5.      Mendiskripsikan Arus Balik/Gabungan tentang proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di kepulauan Indonesia.
6.      Mengidentifikasi muncul dan berkembangnya Kerajaan-Kerajaan bercorak Hindu-Budha di Indonesia
7.      Menganalisis sebab-sebab runtuhnya kerajaan-kerajaan bercorak Hindu-Budha di Indonesia

B.     MATERI PEMBELAJARAN
1.      Hipotesis Waisya, Brahmana, Ksatria dan Arus Balik/Gabungan tentang proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di kepulauan Indonesia.
2.      Muncul dan berkembangnya Kerajaan-Kerajaan bercorak Hindu-Budha di Indonesia
3.      Sebab-sebab runtuhnya kerajaan-kerajaan bercorak Hindu-Budha di Indonesia

C.    METODE PEMBELAJARAN
·         Ceramah
·         Problem Based Instruction (PBI)


D.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Nilai Karakter
1.
Kegiatan Pendahuluan
·     Salam dan Berdoa
·     Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan “Apa saja peninggalan-peninggalan dari kerajaan-kerajaan bercorak Hindu-Budha?”.
5 Menit
·   Mandiri
·   Kreatif
·   Komunikatif
·   Berani berpendapat
·   Rasa ingin tahu
·   Bekerja sama
·   Cinta Tanah Air
·   Santun
·   Menghargai pendapat orang lain

Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
·      Jawaban Peserta Didik dalam Pendahuluan ditulis di papan tulis dan dikelompokan sesuai kebutuhan guru
·      Guru mengemukakan konsep materi tentang masuknya agama Hindu Budha di Indonesia
·      Mereka diarahkan untuk membentuk 4 kelompok dengan jumlah peserta didik disesuaikan dengan jumlah peserta didik dikelas.
Ø Elaborasi
·      Tiap kelompok mendapatkan submateri untuk didiskusikan.
·      Peserta didik diberi waktu untuk mendiskusikan materi tentang sebab-sebab runtuhnya kerajaan- kerajaan bercorak Hindu-Budha.
·      Secara bergilir masing-masing kelompok membaca hasil diskusinya dan guru mencatatnya di papan
·      Kemudian guru mengelompokkan pendapat peserta didik sesuai kebutuhan
·      Dari hasil diskusi yang ditulis di papan, peserta didik diminta membuat kesimpulan atau hipotesis sementara  dengan mengangkat tangan untuk menyimpulkan materi sesuai dengan tulisan di papan
·      Guru memberikan applaus  bagi peserta didik yang berani menyimpulkan atau memberikan pendapatnya (merangkum).
Ø Konfirmasi
·      Guru meluruskan dan memicu pemahaman, memberikan penguatan dan menyimpulkan materi bersama dengan peserta didik.
30 Menit

Kegiatan Penutup
·   Bersama-sama merefleksikan materi yang telah dibahas.
·   Dan bersama-sama mengambil nilai yang terkandung dalam pembelajaran kali ini
10 Menit

E.     SUMBER DAN MEDIA PEMBALAJARAN
1.      Magdalia Alfian, dkk. (2003). Sejarah untuk SMA dan MA Kelas X Standar Isi 2006. Jakarta: ESIS
2.      Mohamad Taupan. (2007). Sejarah Bilingual untuk SMA dan MA Kelas X. Bandung: YRAMA WIDYA
3.      Sartono Kartodirdjo. (1999). Pengantar Sejarah Indonesia Baru: Sejarah Pergerakan Nasional dari Kolonialisme sampai Nasionalisme Jilid 2. Jakarta: Gramedia
4.      Peta konsep
5.      Powerpoint

F.     PENILAIAN
Jenis tagihan:
·         LKPD
·         tugas individu,
·         tugas kelompok,
  • ulangan harian.

Bentuk instrumen:
1.      Mengapa Peradaban Hindu-Budha dengan mudah diterima masyarakat Indonesia?
Jawab:
Karena adanya persamaan antara peradaban Hindu dengan peradaban asli Indonesia.
2.      Mengapa agama Hindu dikatakan bukan agama yang demokratis?
Jawab:
Karena dalam agama Hindu semua urusan agama dimonopoli oleh kaum brahmana sehingga hanya golongan Brahmana yang berhak mempelajari kitab Weda dan menyebarkan agamanya.  
3.      Jelaskan pengaruh besar Agama Budha di India?
Jawab:
Pengaruh besar Agama Budha di India terjadi pada masa pemerintahan Raja Ashoka, yang menjadikan Agama Budha sebagai agama negara.
4.      Sebutkan dewa-dewa Trimurti beserta tugasnya?
Jawab:
-          Brahmana  : dewa pencipta
-          Syiwa        : dewa perusak
-          Wisnu       : dewa pemelihara
5.      Apa yang dimaksud dengan akluturasi kebudayaan?
Jawab:
Akulturasi kebudayaan adalah suatu proses percampuran unsur-unsur kebudayaan satu dengan kebudayaan lainya yang menghasilkan kebudayaan baru.
6.      Jelaskan pendapat mengenai Teori Ksatria menurut Prof.Dr.Ir.J.L.Moens?
Jawab:
Berpendapat bahwa yang membawa agama Hindu ke Indonesia adalah kaum ksatria atau golongan prajurit, karena adanya kekacauan politik/peperangan di India abad 4 - 5 M, maka prajurit yang kalah perang terdesak dan menyingkir ke Indonesia
7.      Sebutkan bukti-bukti masuknya agama budha ke Indonesia ?
Jawab:
1.      Penemuan patung budha di Sulawesi selatan
2.      Ditemukanya arca budha di daerah kotabangun Kalimantan selatan
3.      Ditemukanya arca budha di bukit siguntang sumatera selatan.
8.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan animisme dan dinamisme?
Jawab:
Anemisme adalah kepercayaan kepada roh yang mendiami semua benda. Sedangkan dinamisme adalah kepercayaan bahwa segala sesuatu mempunyai tenaga atau kekuatan yang mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha manusia.
9.      Sebutkan perpaduan antara budaya hindu dan budha dengan kebudayaan asli Indonesia?
Jawab:
Terbentuknya candi, dibuatnya seni sastra yang banyak mengambil cerita di India dan filsafat.
10.  Mengapa masuknya Agama Hindu-Budha menandai masuknya masa aksara bagi bangsa Indonesia?
Jawab:
Karena di India terlebih dahulu mengenal tulisan modern dibandingkan dengan masyarakat Indonesia.

Remidial 1
1.    Mengapa bangsa Indonesia mudah mendapatkan pengaruh dari luar?
2.    Berikan contoh tentang akulturasi budaya antara nenek moyang dengan kebudayaan Hindu, Budha!
3.    Menurut kalian, teori mana yang paling benar dalam masuknya kebudayaan dan agama Hindu-Budha ke Indonesia? Jelaskan!
4.    Apa isi dari kitab Pararaton dan Negarakertagama?
5.    Jelaskan hubungan antara Kerajaan Mataram Kuno di Jawa Timur dengan Kerajaan Kediri?
6.    Analisislah hubungan antara pendiri Kerajaan Majapahit dengan Kerajaan Singosari!
7.    Jelaskan mengapa Kerajaan Mataram Kuno di Jawa Tengah dipindahkan oleh Mpu Sendok ke Jawa Timur?

Jawab:
1.      Karena bangsa Indonesia merupakan bangsa yang toleransinya tinggi dan mudah bergaul dengan siapa saja sehingga ketika ada pengaruh dari luar akan terjadi akulturasi maupun asimilasi
2.      Seni bangunan misal Candi dari Punden berundak, Tulisan: Huruf Pallawa, Bahasa Sansekerta, Pemerintahan: Kepala Suku menjadi Raja
3.      Brahmana, Ksatria, Waisya, Sudra, Arus Balik
4.      Kitab Pararaton menjelaskan tentang hubugan antara raja-raja Singosari dan raja-raja Majapahit, sedangkan Kitab Negarakertagama menjelaskan tentang keadaan kota Majapahit, perjalanan raja Hayam Wuruk mengelilingi daerah jajahannya
5.      Antara Kerajaan Mataram Kuno di Jawa Timur dan Kerajaan Kediri mempunyai hubungan keluarga dari silsilah raja dan pendiri Kerajaan Kediri adalah anak dari Raja Airlangga (Raja Terakhir). Kerajaan Mataram Kuno dibagi menjadi dua oleh Raja Airlangga karena beliau memiliki dua putera, agar tidak terjadi perebutan kekuasaan yaitu Kerajaan Jenggala beribu kota Kahuripan dan Kerajaan Kediri beribu kota Daha.
6.      Hubungan antara Raden Wijaya (Pendiri Majapahit) dengan Pendiri Singosari (Ken Arok) adalah hubungan keluarga, karena Ken Arok adalah Kakek Buyutnya Raden Wijaya.
7.      Karena adanya ancaman serangan dari Kerajaan Sriwijaya dan dilanda bencana alam oleh letusan Gunung Merapi

Pengayaan 1
Buatlah Silsilah Raja dari Kerajaan Singosari dan Kerajaan Majapahit
Semarang, 21 Agustus 2013
Guru Mata Pelajaran Sejarah                                                  Guru Mitra Praktikan,




 NIP.                                                                                      NIP
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 




NIP.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : SMA Negeri
Mata Pelajaran            : Sejarah
Kelas / Semester          : XI/I
Program                       : IPA
Standar Kompetensi   : 1. Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia dari negara tradisional, kolonial, pergerakan kebangsaan, hingga terbentuknya negara kebangsaan sampai Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
Kompetensi Dasar       : 1.1.Menganalisis perkembangan negara tradisional (Hindu-Buddha dan Islam) di Indonesia
Indikator                     :  -  Mengidentifikasi proses masuk dan perkembangan Islam di Nusantara.
-    Menjelaskan muncul dan berkembangnya Kerajaan-Kerajaan bercorak Islam di Indonesia
-    Menganalisis sebab-sebab runtuhnya kerajaan-kerajaan bercorak Islam di Indonesia
Alokasi Waktu            : 2 Jam pelajaran (2 X Pertemuan)
A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi, siswa diharapkan mampu:
1.      Mengidentifikasi proses masuk dan perkembangan Islam di Nusantara.
2.      Menjelaskan muncul dan berkembangnya Kerajaan-Kerajaan bercorak Islam di Indonesia
3.      Menganalisis sebab-sebab runtuhnya kerajaan-kerajaan bercorak Islam di Indonesia

B.     MATERI PEMBELAJARAN
1.      Proses masuk dan perkembangan Islam di Nusantara.
2.      Muncul dan berkembangnya Kerajaan-Kerajaan bercorak Islam di Indonesia
3.      Sebab-sebab runtuhnya kerajaan-kerajaan bercorak Islam di Indonesia

C.    METODE PEMBELAJARAN
·         Ceramah
·         Diskusi
·         Talking Stick (TS)

D.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Nilai Karakter
1.
Kegiatan Pendahuluan
·     Salam dan Berdoa
·     Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan “Mengapa Islam bisa masuk ke Indonesia?”.
5 Menit
·   Mandiri
·   Kreatif
·   Komunikatif
·   Berani berpendapat
·   Rasa ingin tahu
·   Bekerja sama
·   Cinta Tanah Air
·   Santun
·   Menghargai pendapat orang lain

Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
·      Jawaban Peserta Didik dalam Pendahuluan ditulis di papan tulis dan dikelompokan sesuai kebutuhan guru
·      Guru menyiapkan pertanyaan dan memberitahu tentang model pembelajaran yang akan digunakan
Ø Elaborasi
·      Peserta didik diberi waktu untuk membaca materi tentang persebaran agama Islam di Indonesia
·      Setelah selesai membaca materi/buku pelajaran dan mempelajarinya, peserta didik menutup bukunya.
·      Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada peserta didik
·      Setelah itu, tongkat berpindah tangan dari peserta didik satu ke sebelah kanannya atau ke sebalah kirinya sampai guru menghentikan jalannya tongkat tersebut dengan berkata “STOP”
·      Peserta didik yang terakhir memegang tongkat akan diberi pertanyaan dan peserta didik yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya sampai sebagian besar peserta didik mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru
·      Kemudian diakhir pelajaran peserta didik diberi kesempatan untuk menyimpulkan kegiatan pembelajaran hari ini
·      Guru memberikan applaus  bagi peserta didik yang berani menyimpulkan atau memberikan pendapatnya (merangkum).
Ø Konfirmasi
·      Guru meluruskan dan memicu pemahaman, memberikan penguatan dan menyimpulkan materi bersama dengan peserta didik.
30 Menit

Kegiatan Penutup
·   Bersama-sama merefleksikan materi yang telah dibahas.
·   Dan bersama-sama mengambil nilai yang terkandung dalam pembelajaran kali ini
10 Menit

E.     SUMBER DAN MEDIA PEMBALAJARAN
1.      Magdalia Alfian, dkk. (2003). Sejarah untuk SMA dan MA Kelas X Standar Isi 2006. Jakarta: ESIS
2.      Mohamad Taupan. (2007). Sejarah Bilingual untuk SMA dan MA Kelas X. Bandung: YRAMA WIDYA
3.      Sartono Kartodirdjo. (1999). Pengantar Sejarah Indonesia Baru: Sejarah Pergerakan Nasional dari Kolonialisme sampai Nasionalisme Jilid 2. Jakarta: Gramedia
4.      Peta konsep
5.      Powerpoint

F.     PENILAIAN
Jenis tagihan:
·         LKPD
·         tugas individu,
·         tugas kelompok,
  • ulangan harian.

Bentuk instrumen:
1.      Apa faktor yang mempercepat proses penyebaran Islam di Indonesia?
Jawab:
a.      Islam tidak membedakan manusia dalam kelas-kelas sosial
b.      Banyak raja dan bangsawan yang masuk Islam
c.      Islam disebarkan secara damai dan penuh toleransi
2.      Apa definisi dari Ajaran Tasawuf?
Jawab:
Telah dipengaruhi unsur-unsur filsafat timur, budaya lokal, dan hal-hal yang bersifat mistik
3.      Mengapa Agama Islam dapat diterima secara cepat oleh masyarakat di daerah sekitar pantai (pesisir)?
Jawab:
Para pedagang Islam telah menguasai jalur pelayaran perdagangan dan masyarakat pantai mudah menerima kebudayaan ataupun pengaruh dari luar
4.      Diantara Teori masuknya Agama Islam ke Indonesia, manakah menurut kalian teori yang paling benar?
Jawab:
Persia, Gujarat, Mesir, Mekkah
5.      Pada tahun 1513, Kerajaan Demak dipimpin oleh Pati Unus (Pangeran Sabrang Lor) menyerang Malaka. Salah satu faktor yang mendorong Demak menyerang Malaka adalah...
Jawab:
Untuk mengusir Portugis dari Malaka sehingga meperlancar perdagangan Demak

Remidial
Buatlah Peta Penyebaran agama Islam di Indonesia dan Letak Kerajaan-Kerajaan Islam Di Indonesia disertai dengan penjelasannya

Pengayaan 2
Buatlah Peta Kekuasaan Kerajaan Samudera Pasai dan Kerajaan Mataram Islam


  • Buatlah makalah tentang perubahan sendi-sendi kehidupan masyarakat Indonesia sebelum masuknya agama Hindu, Budha dan Islam
Semarang, 21 Agustus 2013
Guru Mata Pelajaran Sejarah                                                  Guru Mitra Praktikan,




                                                                    
NIP.                                                                                      NIP

Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 





NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar